Masuk Kawasan Transmigrasi, Pemkab Boltim Usulkan Puluhan Ribu Hektar Lahan di Kementrian PDT

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Boltim,WB—Sebanyak 20 ribu Hektar lebih lahan di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah diusulkan sebagai wilayah kawasan transmigrasi.

Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Disnakertrans Boltim melalui kepala Bidang Transmigrasi, James Mongilong, Selasa (26/3/2019) kemarin.

Menurutnya, hal itu telah diusulkan sejak tahun 2016 lalu di Kementrian PDT Transmigrasi RI dan telah mendapatkan persetujuan.

“20 ribu lebih hektar kawasan ini sudah beberapa kali ditayang disetiap kegiatan pihak Kementrian PDT seperti yang baru saya ikuti di makasar pekan lalu, dimana semua kawasan transmigrasi dipampang oleh Kementrian,” ungkapnya.

Lanjut James menuturkan, 20 ribu lebih hektar itu letaknya dimulai dari wilayah kepolisian kecamatan nuangan, kecamatan motongkad sampai kecamatan tutuyan.

“Tujuannya  dimasukkannya daerah Boltim pada kawasan transmigrasi agar dengan mudah kita mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat baik itu melalui DAK atau dana transfer daerah. Ini merupakan program pemerintah pusat yang telah diperjelas oleh presiden pada perpres 50 tahun 2018 tentang koordinasi dan integrasi penyelenggaraan transmigrasi,” jelasnya.

James pun menambahkan, tahapan selanjutnya tinggal menunggu rekomendasi dari Pemprov Sulut, yakni Gubernur Olly Dondokambey.

“Tinggal Rekomendasi ini  yang ditunggu oleh pihak Kementrian PDT dan Transmigrasi. Jika rekomendasinya tahun ini sudah ada, apa saja nanti program pembangunan diusulkan oleh lintas sektor ke Kementrian PDT dan Transmigrasi akan mereka setujui. Sebab di bidang transmigrasi ini banyak keunggulannya.” Pungkasnya.(MM)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.