Astaga !! Sejumlah Gedung Sarang Walet di Boltim Belum Kantongi Izin

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Boltim,WB—Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menyatakan bahwa sampai dengan saat ini masih banyak pemilik gedung Sarang Burung Walet yang belum mengantongi surat Izin dari pemerintah.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Boltim melalui Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas, Ibu Sri Olivia Mamonto.ST MT, belum lama ini.

“Untuk jumlah keseluruhan saya belum dapat memastikan. Namun, masih banyak yang belum memiliki izin,” ujar Sri.

Ia pun menjelaskan, izin pembangunan sarang walet yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Boltim, berbeda-beda berdasarkan kajian.

“Kalau yang standar itu izin  SPPL sesuai Peraturan Gubernur (Pergub). Ini pada bangunan yang dua lantai dengan luas lahan 20X20 meter. Ada juga izin yang dikeluarkan seperti UKL-UPL tapi ini pada bangunan untuk ukuran yang lebih besar,” terangnya.

Ia pun menghimbau kepada para pengusaha sarang walet yang belum mengantongi izin, agar segera mengurus sebelum dikenai sanksi oleh pemerintah daerah.

“Setelah izin dikeluarkan kita akan melakukan proses evaluasi setiap enam bulan sesuai peraturan pemerintah daerah. Para pemilik juga wajib membuat laporan kegiatan untuk disampaikan ke pemerintah daerah.” Pungkasnya.

Sekedar diketahui, sejauh ini sudah ada sejumlah pengusaha sarang walet yang mengurus surat izin. Namun itu bersifat pribadi, bukan secara perusahaan.(MM)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.