Dari Hasil Berjualan Pisang Goroho, Finka Raup Keuntungan Hingga Rp 9 Juta

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB—Pisang Goroho merupakan jenis pisang khas dari Sulawesi Utara (Sulut). Pisang yang bernama ilmiah Musa acuminafe,sp ini, ternyata mampu mendorong ekonomi masyarakat untuk mendapatkan keuntungan yang bisa dibilang tidak sedikit.

Seperti halnya usaha rumahan milik salah satu Warga Desa Kopandakan I, Finka Rampan (25). Usaha yang ia fokuskan untuk menjual gorengan pisang goroho itu, mampu meraup keuntungan sampai dengan Rp 300 ribu perharinya.

“Waktu itu modal awal saya hanya sekitar Rp 100 ribu. Modal yang dibilang cukup sedikit ini bisa melipat gandakan sampai dengan 100 % modal,” ujar Finka, Selasa (23/4/2019).

Ia mengaku, pendapatan sebulannya bisa mencapai Rp 9 juta bahkan lebih setiap bulan tergantung permintaan.

Memang banyak yang menyepelehkan usaha ini. Dari hasil Rp 300 ribu per hari kita kalikan dengan 30 hari. Itu yang saya terima setiap akhir bulan,” tuturnya.

Namun lanjut Finka, untuk mendapatkan bahan baku pisang goroho, dirinya bersama suami Apin Dondo (28) harus mencari sampai dengan ke daerah tetangga.

“Terkadang kita harus menyusuri perkebunan warga untuk mencari dan membeli ditempat. Dikarenakan jenis pisang ini sangat diminati masyarakat Sulut khususnya Kota Kotamobagu,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, untuk proses pengerjaan sampai dengan penjualan via Medsos Facebook itu, ia hanya memperkerjakan seorang Delivery (pengiriman).

“Itupun yang bekerja hanya adik saya. Saya berharap, Pemerintah setempat bisa memberikan bantuan terkait usaha saya ini. Memang banyak yang menilai usaha saya hanya berjualan pisang saja, namun mereka tidak mengetahui begitu besarnya keuntungan dari pisang goroho ini.” Jelasnya.(GG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.