Lomba Penilaian Desa dan Kelurahan Tingat Provinsi Segera Digelar

Moyag Todulan dan Mongkonai Barat Wakili Kotamobagu

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB—Lomba penilaian Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal digelar, Kamis (2/5/2019) mendatang.

Untuk Kota Kotamobagu sendiri akan mengirimkan dua perwakilan. Yakni Desa Moyag Todulan, Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Pengimbangan dan Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kotamobagu, Masri Lantonge, Senin (29/4/2019).

Dipilihnya Desa Moyag Todulan dan Kelurahan Mongkonai Barat tersebut kata Masri, karena merupakan pemenang lomba penilaian tingkat desa dan kelurahan se-Kota Kotamobagu.

“Keduanya juga pernah mewakili Kotamobagu pada tahun-tahun sebelumnya, karena administrasi pemerintahan tiap tahun selalu berbenah,” ujarnya.

Dalam lomba ditingkat provinsi lanjut Masri, akan ada beberapa item yang akan dinilai. Antara lain, Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan dan Bidang Kemasyarakatan.

“Untuk pemerintahan salah satu indikator penilaian yakni sarana dan prasarana. Kewilayahan, identitas kondisi, identitas desa dan kelurahan, memuat batas desa dan lain-lain. Kemudian dalam bidang kemasyarakatan indikator penilaian yakni lembaga kemasyarakatan, organisasi pemuda, profesi, olahraga dan lain-lain,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kotamobagu, Teddy Makalalag, juga menuturkan, Kelurahan Mongkonai Barat berhasil menjadi juara setelah menyingkirkan 18 kelurahan lainnya. Begitu juga dengan Desa Moyag Todulan yang menyingkirkan 15 desa lainnya.

“Jadi Kelurahan Mongkonai Barat dan Desa Moyag Todulan diutus di tingkat Provinsi. Keduanya terpilih berdasarkan hasil penilaian dari tim evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tingkat provinsi beberapa waktu lalu,” terangnya.

Dirinya juga mengaku optimis dua perwakilan dari Kotamobagu akan  meraih hasil yang maksimal serta bisa ke tingkat nasional. “Saya optimis keduanya mampu dan layak diperhitungkan di tingkat provinsi maupun nasional.” Jelasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.