Wakili Kotamobagu, Desa Kopandakan I Terima Bantuan Dari Kemendikbud

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB-Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, mendapat bantuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Tradisi pada Tahun 2019.

Bantuan oleh Pemerintah Pusat ini, dalam rangka untuk memfasilitasi komunitas budaya di masyarakat dan revitalisasi Desa Adat yang di berikan langsung kepada komunitas budaya dan desa adat se- Indonesia, Senin (29/4/2019).

Ketua Adat “Komalig” Desa Kopandakan 1, Sumitro Tegela, yang menerima langsung bantuan tersebut mengatakan, sebelum dilaksanakan penyaluran bantuan itu, dirinya bersama penerima bantuan lainnya terlebih dahulu melaksanakan beberapa kegiatan.

Mulai dari verifikasi administrasi, verifikasi lapangan, penetapan calon penerima bantuan pemerintah dan Workshop bagi para calon penerima.

“Kotamobagu mendapat kesempatan menjadi daerah sebagai penerima revitalisasi desa adat. Kita mengajukan revitalisasi rumah adat dan Alhamdulillah diterima oleh pemerintah pusat, ” tutur Sumitro.

Dengan adanya bantuan ini lanjut Sumitro, harapan terbesar nanti bisa mengangkat kembali ciri khas rumah adat Bolaang Mongondow.

“Jika tahapan ini berjalan sukses dan lancar, maka konsep rumah adat yang berada di desa Kopandakan 1 bisa menjadi ikon wisata budaya, sekaligus edukasi bagi kaum muda milenial dan masyarakat Bolaang mongondow raya dan Indonesia pada umumnya. Sehingga kekayaan budaya khususnya rumah adat akan terus terjaga,” ungkapnya.

Diketahui, kegiatan Workshop atau pembekalan yang di laksanakan di hotel Ciputra Jakarta Barat itu, akan berlangsung mulai Senin 29 April hingga 3 Mei 2019 mendatang. Dan turut dihadiri seluruh penerima revitalisasi desa adat se-Indonesia.(GG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.