Lakukan Sampling Takjil di Kotamobagu, BPOM : Aman Untuk Dikonsumsi

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manado, Rabu (15/5) melakukan pengawasan terhadap jajanan berbuka puasa di Kantin Ramadhan di sejumlah Wilayah di Kotamobagu.

Dalam pengawasan tersebut, Kepala Seksi Inspeksi BPOM Manado, Selvitarena S.Si, Apt, mengatakan bahwa pihak mereka melakukan sampling jajanan berbuka puasa oleh Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan kemudian dilakukan Pengujian di Mobil Laboratorium Keliling oleh Bidang Pengujian Pangan dan bahan Berbahaya.

“Rangkaian kegiatan diawali dengan sampling terhadap 14 jenis jajanan di Kantin Ramadhan Kampung Baru dan 31 Jenis Jajanan di Kantin Ramadhan Mokonai jadi total ada 45 sampling, dengan parameter uji bahan berbahaya yang dilarang sebagai bahan tambahan pangan seperti rhodamin B, methanil yellow, formalin dan boraks,” ujarnya.

Hasil pengujian terhadap 45 jenis sampling di sejumlah Katin Ramadhan di Kotamobagu kata dia, tidak ditemukan adanya penggunaan bahan berbahaya yang dilarang.

“Alhamdulillah untuk jajanan berbuka puasa di Wilayah Kotamobagu hasilnya negatif dari pengunaan bahan berbahaya yang dilarang, jadi aman untuk dikomsumsi,” tuturnya.

Dalam pengawasan BPOM Manado itu, juga turut didampangi oleh Dinas Kesehatan Kotamobagu, Disperdagkop UKM Kotamobagu dan Dinas Ketahanan Pangan Kotamobagu.

Sementara itu, Kepala Seksi Keamanan Pangan, Bambang Mamonto, menyampaikan agar masyarakat penjual olahan makananan pangan agar memperhatikan bahan pangan dan menjaga kebersihan.

“Untuk para pembeli juga harus berhati-hati dalam memilih makanan agar bisa aman dan sehat saat dikomsumsi.” Jelasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.