Wawali Nayodo Irup Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, Senin (22/7) pagi tadi menggelar Apel Korpri dirangkaikan upacara peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72, bertempat di lapangan Boki Hontinimbang Kotamobagu.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, bertindak selaku Inspektur upacara dan membacakan langsung Pidato Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI.

“Menyampaikan tantangan baru yang dihadapi dunia perkoperasian, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan tekhnologi informasi semata, namun lebih kepada persoalan Mindset dan perubahan dalam sistem tata kelola,” ucap Wawali dalam sambutan Menteri.

“Disadari benar bahwa koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal, didasari tekad untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian,” tambah Wawali.

Dalam konteks ini lanjutnya, koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan.

“Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun ini, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis,” jelasnya.

Ditambahkan, saat ini koperasi diharapkan dapat memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan Platform e-Commerce, Aplikasi Retail On-line dan pengembangan aplikasi bisnis lainnya.

“Dengan demikian, diharapkan gerakan koperasi dapat merangkul generasi milenial, yang saat ini jumlahnya mencapai sepertiga dari total penduduk indonesia, yang disiapkan untuk mempunyai kreatifitas dan inovasi dalam menata organisasi dan strategis bisnisnya,” pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM serta BPS, tahun 2018 kontribusi terhadap PDB Nasional meningkat tajam menjadi 5,1 persen dari sebelumnya 1,71 persen pada tahun 2014.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.