Berbeda Dengan Lainnya, TPA ini Jadi Objek Wisata Baru di Kotamobagu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Pada umumnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah memiliki nuansa kumuh dan bau tak sedap. Namun, TPA yang berlokasi di Desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, berbeda dengan TPA lainnya.

Ada yang menarik dari Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Kota Kotamobagu itu. Dimana, TPA ini malah menjadi tempat objek wisata.

TPA ini disulap menjadi arena hiburan satwa dan mainan anak. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu rupanya sukses mengubah citra TPA menjadi objek wisata.

Kepala DLH Bambang Irawan Ginoga mengatakan, ide tersebut ia dapat dari ispirasinya dengan mengubah TPA menjadi tempat wisata yang bernuansa alam. Menurutnya, setiap tahun harus ada inovasi-inovasi baru apalagi yang berkaitan dengan persampahan.

“Disini kita bisa menikmati kopi dan melihat pemandangan setiap harinya. Masih kental dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sehingga dengan mengubah tampilan TPA ini bisa manarik masyarakat untuk berkunjung ke TPA,” ujar Bambang, Selasa (29/10/2019) kemarin.

Tak hanya itu, Bambang juga mendaur kembali sampah plastik yang kemudian didekorasi di seputaran taman sehingga terlihat menarik.

“Ini juga bagian dari gambaran dan pesan kepada masyarakat agar bisa mendaur kembali sampah plastik menjadi barang yang sangat berguna, harus bisa dimanfaatkan, salah satunya untuk mendekorasi halaman rumah.” jelasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.