Bimtek LPPDes Kotamobagu Segera Digelar

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPDes) terkait jalannya Pemerintahan dan Pembangunan jelang akhir tahun wajib untuk dilaporkan kepada Walikota.

Olehnya, dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Tata Pemerintahan (Tapem) akan menggelar Bimtek LPPDes yang akan dihadiri Kepala Desa (Sangadi,red), Ketua dan Sekretaris BPD se-Kotamobagu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Tapem Marham Anas Tungkagi, kepada Wartabolmong.news, Selasa (5/11/2019) kemarin. “Kegiatan Bimtek itu akan dilaksanakan di Hotel Sutan Raja pada tanggal 2-5 Desember mendatang. Ini seperti LPPD Pemkot yang wajib di susun dan di laporkan ke Kemendagri. Tapi inikan LPPDes, jadi di laporkan ke Walikota,” ujar Anas.

Dikatakannya, Bimtek ini sangat penting karena akan menunjang visi misi Kota Kotamobagu untuk pemenuhan data LPPD Pemkot Januari 2020 mendatang. “Tak hanya itu saja. Nantinya akan turut dibahas terkait PAD masing-masing desa. Kita juga akan hadirkan pemateri dari Kemendagri dan Kemendes. Sedangkan untuk efektifitas bimtek ini, para peserta wajib untuk menginap di Hotel sesuai dengan jadwal panitia dari Pusat,” ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan, bahwa kegiatan Bimtek LPPDes kali ini sangatlah penting. Dikarenakan sudah kewajiban dari para Sangadi untuk melaporkan data akhir tahun kepada Walikota. “Karena ini merupakan salah satu komponen penting pada pelaporan LPPD pemkot tahun depan. Agar kita bisa mempertahankan predikat Sangat Tinggi, apalagi ini sesuai regulasi Permendagri,” jelas Anas.

Ditambahkannya, selain itu semua program pemkot yang bersumber dari APBD harus sinkron dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota sesuai dengan RPJMD yang dituangkan dalam RPJMDes.

“Maka data dari desa termasuk kelurahan sngat pnting di laporkan ke pimpinan sebagai bahan evaluasi juga. Serta dengan LPPDes ini, akan kelihatan tupoksi serta kewajiban para Sangadi terutama pada peningkatan potensi PADes.” Tutupnya.(GG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.