Buntut Insiden Harga, Disdagkop UKM Kotamobagu Tegur Management Indomaret

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Menanggapi keluhan salahsatu masyarakat Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, terkait adanya perbedaan harga di rak pajangan dan di struk belanjaan, membuat Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Kotamobagu geram.

Hal tersebut disampaikan Sekertaris Disdagkop UKM, Edo Mopobela, saat dikonfirmasi Wartabolmong.news, Rabu (8/1/2020).

“Pihak management Indomaret harus memberikan penegasan terhadap para karyawan agar setiap saat melakukan pengecekan harga. Pun, kejadian seperti ini sudah terjadi berulang-ulang,” tegas Edo.

Dikatakannya, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, apabila terjadi selisih harga di rak pajangan dan di kasir, maka harga yang digunakan itu harga termurah.

“Pihak Disdagkop UKM Kotamobagu akan menyampaikan teguran kepada pihak management tentang kejadian seperti ini. Hal tersebut guna untuk menghindari agar tidak ada yang merasa dirugikan.” Jelasnya.

Sebelumnya, salah satu warga Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, mengaku kesal ketika dirinya berbelanja di Toko Retail Indomaret setempat.

Buntut dari kekesalannya ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, saat dirinya hendak membeli mobil-mobilan di toko tersebut, ia mendapati harga yang terpajang di rak dagangan dan dikasir berbeda.

“Saya merasa ditipu. Bagaimana tidak, harga mainan mobil-mobilan yang terpajang dirak hanya Rp 24 ribu, namun ketika saya membayar dikasir, harganya langsung menjadi Rp 49 ribu lebih,” ujar sumber kepada Wartabolmong.news yang meminta namanya tidak di publish, Selasa (7/1/2020).

“Untung saya membawa uang lebih. Kalau tidak, pasti saya sudah malu dilihat konsumen lainnya,” keluh kesal sumber.

Mirisnya lagi, salah satu karyawan di toko Indomaret tersebut berdalih, bahwa harga yang terpajang dirak adalah harga promo dan belum sempat diganti. Padahal, sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) Indomaret menyebutkan, jika terjadi perbedaan harga, maka konsumen berhak mendapatkan harga yang lebih murah.

Terpisah, Manager Area Indomaret Branch Manado diwilayah Kotamobagu, Haerudin saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp terkait insiden tersebut hanya membaca pesan saja.

Tim Wartabolmong.news

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.