Pemdes Tabang Gelar Musrembangdes Tahun 2020

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB—Pemerintah Desa (Pemdes) Tabang Kecamatan Kotamobagu Selatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) tahun 2020, bertempat di Aula kantor desa setempat, Rabu (22/1/2020).

Kepala Desa (Sangadi, red) Tabang Fritz Junius Dilapanga mengatakan, kegiatan ini merupakan acara tahunan dalam rangka menampung aspirasi masyarakat serta untuk membahas program kegiatan apa saja yang berkaitan dengan pembangunan Desa.

“Segala usulan-usulan yang disampaikan masyarakat akan kita tampung. Adapun salahsatu prioritas usulan seperti tahun sebelumnya, yakni tentang penguatan tebing antara sungai Poli dan Kope’,” ujar Fritz kepada Wartabolmong.news.

Lanjut Sangadi, pada musrembangdes kali ini ada juga usulan-usulan baru yang disampaikan oleh masyarakat. Menurutnya, ia akan mengkaji atau memilah kembali apakah bisa direalisasikan lewat Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sesuai dengan kewenangan yang sudah diberikan terhadap desa.

“Kita berharap, segala usulan masyarakat di desa Tabang ini bisa terealisasi. Adapun jika ada usulan yang membutuhkan nominal lebih besar, akan kita usulkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu, Ahmad Affandi Abasi, menambahkan, untuk usulan pada saat Musrenbangdes haruslah merupakan kegiatan-kegiatan yang bersifat prioritas.

“Pada dasarnya semua usulan akan kami tampung dan verifikasi. Nantinya jika ditemukan ada usulan  yang sifatnya bisa dilaksanakan melalui anggaran dana desa, maka kami sarankan agar desa tersebut yang mengelolanya sendiri. Setelah ini, akan ada tahapan musrenbang kecamatan, nantinya sangadi akan membentuk tim dari desa yang akan mengawal usulan-usulan prioritas pada musrenbang kecamatan nanti,” jelas Andi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kotamobagu, Dedy Mamonto, Kepala Bidang Pertanahan dan Pemetaan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), Fachrin Ambaru, Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu Ahmad Affandi Abasi, tokoh masyarakat, hingga para tamu undangan lainnya.(GG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.