Posko Skrining Pemeriksaan Covid-19 Disiapkan di Pintu Masuk Kotamobagu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus melakukan himbauan dari Walikota Ir Hj Tatong Bara, mengenai percepatan penanganan penyebaran Covid-19.

Hal ini terlihat dari Mobil unit penerangan (Mupen) yang gencar melakukan himbauan di seputaran Desa/Kelurahan se-Kota Kotamobagu. Tak hanya itu saja, pihak Pemkot juga akan membuatkan posko terpadu untuk melakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan di beberapa titik.

Kepala Diskominfo Ahmad Yani Umar mengatakan, sosialisasi terkait percepatan penanganan penyebaran virus Corona ini telah melibatkan beberapa SKPD yang masuk dalam gugus tugas.

“Yang terlibat itu ada dari Dinas Perhubungan, TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Satpol-PP, serta masyarakat setempat. Adapun titik-titik posko tersebut terletak dipintu masuk arah Manado di kelurahan Mongkonai, arah Dumoga di desa Kopandakan I, arah Bolaang Mongondow Timur di desa Moyag, serta dari arah desa Popo,” ucap Yani, Selasa (17/3/2020).

Dirinya juga mengatakan, himbauan ini agar masyarakat tidak perlu panik dengan adanya isu-isu yang ada. Meski demikian, ia tetap meminta kepada masyarakat Kotamobagu agar menjaga daya tahan tubuh lewat makan makanan yang bergizi, rajin mencuci tangan dengan hand sanitizer, serta menggunakan masker bila batuk pilek.

Berikut 19 himbauan yang disampaikan Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara.

1. Menjaga tempat kerja dan tempat tinggal tetap bersih dan higienis.
2. Rutin mencuci tangan secara bersih dan menyeluruh di bawah air yang mengalir menggunakan sabun dan hand sanitizer.
3. Menggunakan masker bila batuk dan pilek.
4. Menghimbau kolega/kerabat yang sakit atatu mengalami batuk flu agar beristirahat di rumah.
5. Bila ada anggota keluarga yang batuk, pilek dan sesak nafas segera ke puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.
6. Mengkonsumsigizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah serta tetap menjaga kesehatan dengan rajin olahraga dengan istirahat yang cukup.
7. Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak (Mentah).
8. Memperhatikan peringatan berjalan (Travel, Warning) dari pemerintah sebelum melakukan perjalanan luar negeri serta menghindari negara yang sudah terinfeksi Virus Corona (COVID 19).
9. Setiap kantor pemerintah, kantor swasta, rumah ibadah, sekolah, tempat tempat umum seperti market, minimarket,anjunga tunai mandiri (ATM), serta tempat tempat pertemuan umum lainnya, agar menyiapkan wadah pembersih tangan/hend sanitizer.
10. Untuk sementara waktu, dengan tidak mengurangi rasa hormat agar salaman tangan diganti dengan salam hormat antar warga dengan menyatukan kedua telapak tangan kedepan.
11. Mengajak semua elemen bangsa untuk tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, menghindari perilaku yang saling menyalahkan, tidak menyebarkan berita informasi yang belum di ketahui kebenarannya (Hoaks) dan sama sama melakukan segala upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus corona.
12. Untuk sementara membatasi kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dalam rangka menghindari kontak dan penyebaran virus corona secara massif.
13. Sedapat mungkin menghindari berbagai pertemuan ataupun tempat tempat keramian yang dapat menyebabkan kontak langsung dengan orang yang mengalami sakit batuk, flu, bersin bersin, sesak nafas, serta gejala gejala virus corona (COVID 19).
14. Tidak perlu panik melakukan pembelian secara berlebihan karena stok kebutuhan pokok dan sejenisnya di Kota Kotamobagu dalam kondisi cukup. Hindari penimbunan makanan, masker dan bahan bahan strategis.
15. Khusus tempat kos yang berada di Kota Kotamobagu, dihimbau untuk sementara waktu tidak menerima tamu yang berasal dari luar daerah.
16. Untuk fasilitas tempat hiburan umum yaitu, panti pijat (SPA) dan pup/bar, ditutup untuk sementara waktu.
17. Menjaga stabilitas keamanan di masyarakat serta secara bijaksana dapat menyikapi berbagai informasi yang dapat menimbulkan kerawan di tengah tengah masyarakat.
18. Khusus bagi pemimpin agama, camat, kepala desa dan lurah serta tokoh masyarakat dan tokoh agama agar dapat membantu menyampaikan himbauan pemerintah ini dalam berbagai acara keagamaan dan sosial kemasyarakatan.
19. Semua masyarakat Kota Kotamobagu untuk senantiasa berdoa sesuai agama masing masing agar Kota Kotamobagu terhindari dari situasi penyebaran virus corona (COVID 19).(GG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.