KPU Bolsel Gelar Rakor Teknis Terkait Pemilu Tahun 2020

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Bolsel,WB–Pemahaman dan penjelasan terkait persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah, merupakan salahsatu tujuan dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait teknis Syarat Pencalonan dan Pemenuhan Syarat Calon dalam pemilihan serentak tahun 2020.

Hal ini disampaikan salahsatu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Fijey Bumulo, saat menghadiri kegiatan Rakor yang digelar KPU Bolsel, Selasa (18/8/2020).

“Hal-hal yang disampaikan dalam sosialisasi ini terkait syarat pencalonan, syarat calon, jadwal pengumuman, syarat bagi calon mantan terpidana serta lainnya sebagaimana yang tertuang dalam PKPU Nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan /atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” ucap Komisioner yang membidangi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi itu.

Lanjutnya, pihak mereka harus menjelaskan secara detail terkait syarat administrasi pencalonan kepada para calon. Termasuk soal NPWP disertai laporan pajak selama 5 tahun serta SKCK calon yang harus ditandatangani langsung oleh Kapolres.

“Kami juga mempertegas kepada seluruh pimpinan partai politik terkait SK kepengurusan partai, melalui keabsahan pengurus pusat yang definitif. Sebab itu merupakan salah satu syarat terpenting bagi calon yang di usung maupun didukung oleh partai politik,” jelasnya.

Ditempat sama, Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi menambahkan, untuk calon yang di usung partai politik, harus memiliki 20 persen kursi parlemen atau 25 persen dari perolehan suara terbanyak.

“Kalau syarat administrasinya sudah dijelaskan barusan. Termasuk surat tidak failid dari pengadilan maupun perniagaan,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Bolsel ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi, Komisioner Fijey Bumolo serta Komisioner Topan Bolilie yang turut diikuti oleh sejumlah perwakilan Partai Politik serta LO bakal pasangan calon kepala daerah Kabupaten Bolsel.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.