Realisasi PBB Tahun 2020 Masih Rendah, Ilmar Optimis Bisa Capai Target

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Kotamobagu untuk tahun 2020 ini masih terbilang rendah. Pasalnya, hingga akhir triwulan 3, total realisasi masih berada pada posisi 37,34 persen.

Menurut Kepala Bidang Pendapatan, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu, Ilmar Rusman, rata-rata realisasi PBB di empat Kecamatan belum mencapai 50 persen.

“Kotamobagu Selatan 45,84 persen, Kotamobagu Barat 32,23 persen, Kotamobagu Utara 43,67 persen dan Kotamobagu Timur 36,34 persen,” sebutnya.

Ia menjelaskan, kendala terkait masih rendahnya ralisasi PBB hingga Bulan September 2020 ini, dikarenakan dua faktor.

“Memang tren PBB ini biasanya naik di akhir tahun, triwulan ke-empat. Sebab, jatuh temponya tanggal 31 Desember. Banyak berfikir kalau jatuh temponya masih lama. Penyebab lainnya, yakni soal pamdemi covid-19. Memang berpengaruh terhadap daya bayar masyarakat, juga petugas yang turun ke lapangan harus ada unsur kehati-hatian demi mencegah penyebaran covid-19 ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Ilmar mengatakan, meski ada kendala lapangan secara non teknis itu, namun pihaknya optimis realisasi PBB tahun ini bisa mencapai target.

“Insha Allah realisasi hingga akhir tahun ini akan signifikan. Memang seperti tahun-tahun sebelumnya biasanya capaian realisasi PBB maksimalnya di akhir tahun.” Jelasnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.