Kendaraan di Kotamobagu Diwajibkan Ikuti Ujian KIR

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Sebanyak 1.623 kendaraan di Kota Kotamobagu diwajibkan mengikuti KIR di Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menguji kendaraan layak pakai.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Lalulintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu, Hisam Paputungan, Kamis (17/12/2020). Menurutnya, jumlah kendaraan yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya harus mengikuti KIR untuk memastikan kelayakan kendaraan dalam beroperasi.

“Jadi kendaraan dalam setahun 2 kali melewati pengujian. Pun sesuai data wajib uji kendaraan di Kotamobagu sebanyak 1623 unit,” sebut Hisam.

Dikatakannya, masa berlaku KIR tersebut selama Enam Bulan, sehingga dalam setahun ada Dua kali pengujian KIR oleh Dishub. “Ketika ada penjaringan atau pemeriksaan kendaraan, maka mana yang belum melakukan uji kendaraan itu kami akan arahkan ke balai pengujian kendaraan. Itu pengurusannya Enam Bulan sekali sehingga dalam satu tahun ada dua kali,” jelasnya.

Dalam melakukan pengujian, masyarakat pemilik kendaraan wajib uji untuk mendaftaran dan bisa langsung mengunjungi website ngekironline.co.id.

“Jadi jika sudah mendaftar, selanjutnya petugas balai uji akan melakukan verifikasi. Ketika usai diverifikasi nantinya pemohon akan menerima notifikasi pemberitahuan jadwal pengujian kendaraan,” terang Hisam.

Ia mengatakan, kelebihan layanan tersebut, hasil pengujian bisa dilihat langsung oleh pemohon. “Jadi hasilnya bisa langsung diketahui apakah lulus uji atau tidak.” Jelasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.