Sukseskan Pildaka 2020, Bawaslu Sulut Gandeng TNI-POLRI

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Politik,WB–Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara, Herwyn Malonda mengatakan pihaknya sebagai penyelenggara Pemilu bersama dengan KPU dan TNI terus berkoordinasi dalam rangka suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Hal tersebut disampaikannya dalam usai menghadiri undangan kegiatan di Komando Daerah Militer XIII Merdeka, Rabu (29/07/2020).

“Sebagai penyelenggara pemilu, Bawaslu dan KPU Sulawesi Utara terus melakukan komunikasi, berkoordinasi dan melakukan kerjasama yang baik terhadap suksesnya Pilkada 2020,” kata Herwyn Malonda.

Herwyn menjelaskan, komunikasi, koordinasi serta kerjasama dengan pihak TNI dinilainya sangat penting, kerena menghadapi proses demokrasi di tengah kondisi bangsa yang sedang diperhadapkan dengan pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan besar, sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik.

Suksesnya pelaksanaan Pilkada Desember 2020 mendatang lanjutnya, Bawaslu Sulut sebagai penyelenggara pemilihan umum terus menjaga sinergitas dengan berbagai pihak termasuk TNI.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Herwyn berkesempatan memaparkan beberapa hal terkait dengan indeks kerawanan pemilu (IKP) pada pemilu Desember 2020, termasuk potensi terjadinya pelanggaran pemilu di wilayah Sulut.

Meski demikian, dia juga menyampaikan sejumlah program pencegahan, penanganan dan penindakan secara hukum berdasarkan regulasi terhadap indikasi pelanggaran di Pilkada dengan dukungan keamanan dari pihak TNI dan Polri.

“Harapan kami anggota TNI dan jajarannya dapat terus menjaga netralitas, tidak melibatkan diri dalam kebijakan dan politik praktis. Kita juga bersama-sama bisa mengoptimalkan protokol kesehatan covid-19 kepada peserta pemilihan, tim pendukung peserta pemilihan dan pemilih apabila kampanye akan dilakukan secara tatap muka, hingga proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara,” pungkasnya.(*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.