Marak Ilegal Mining, Hutan Potolo Rusak Parah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Lolayan,WB-Kondisi hutan Potolo di wilayah Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, mengalami kerusakan cukup parah.

Kerusakan disebabkan maraknya Ilegal mining yang dilakukan oleh para pengusaha (cukong) secara bebas dan tanpa memiliki izin ataupun prosedur operasional yang sesuai dengan aturan dari pemerintah maupun prinsip penambangan yang baik dan benar.

Aktifitas penggalian material yang dilakukan alat berat milik para cukong.(Dok,wartabolmong.news)

Dari pantauan awak media pada Rabu (23/6), puluhan Eksavator dan puluhan mobil Dump Truck milik para cukong sedang melakukan pekerjaan penggalian dan pengangkutan material bebatuan yang mengandung logam mulia (emas).

Informasi yang berhasil didapat saat awak media bertandang di lokasi, alat berat milik para cukong tersebut beraktivitas siang dan malam. “Penggalian dilakukan siang malam,” ucap sumber yang tidak mau menyebutkan nama saat ditanya awak media.

Menurut sumber, ada beberapa kelompok pengusaha yang saat ini melakukan kegiatan ilegal mining di hutan Potolo, yakni Sandra cs, dan Kres cs.

Dari aktivitas para cukong tersebut, kondisi hutan mengalami kerusakan yang cukup memprihatinkan. Pun negara ditaksir mengalami kerugian Sumber Daya Alam hingga ratusan miliyar rupiah.

Tim

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.