Di Era Modern, 5 Alat Musik Tradisional ini Tetap Eksis

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Sekarang ini, alat musik modern sangat diminati masyarakat disegala pelosok Negri. Meski demikian, permainan alat musik tradisional juga tak kalah eksis untuk dimainkan.

Sepertihalnya dengan alat musik tradisional, Golomang Koping, Golantung, Gandang, Maruas dan Suling yang tengah dimainkan oleh sejumlah kalangan masyarakat bertempat di Replika Rumah Adat Komalig, Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Senin (4/11/2019) malam.

Alunan musik khas yang dihasilkan oleh sejumlah alat tradisional tersebut, sontak memberikan nuansa Nostalgia dan mengingatkan masyarakat setempat akan nyanyian para leluhur dulu.

Salah satu penggagas sekaligus pemerhati budaya asal desa setempat, Sumitro Tegela mengaku bahwa, suara musik dari kelima alat musik tradisional ini sangat unik dibandingkan dengan musik tradisional lain.

“Pada umumnya, generasi muda lebih candu dengan musik modern. Olehnya, lewat musik tradisional ini, kita akan lestarikan bersama-sama dengan sejumlah tarian khas Bolaang Mongondow yakni tarian Tuitan, Dana-dana dan Kabela,” ujar Mitro.(GG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.