Dua Desa ini Terima Reward dari Kemenkeu RI

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Usai sukses mengelola Dana Desa (Dandes) di Tahun 2019, dua Desa di Kota Kotamobagu mendapat Reward dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI).

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Usmar Mamonto melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rum Mokoagow mengatakan, penghargaan tersebut berupa Alokasi Kinerja di Tahun 2020. “Yakni Desa Moyag Todulan dan Desa Bilalang I yang mendapat reward,” ujar Rum, Rabu (15/1/2020).

Dikatakannya, dalam pengalokasian dana desa untuk tahun 2020, kedua desa ini mendapat tambahan dana lewat komponen alokasi kinerja.

“Tahun sebelumnya pengalokasian dana desa oleh Kemenkeu yakni, alokasi dasar, alokasi afirmasi, alokasi formula. Nah, untuk tahun 2020 Kemenkeu menambahkan satu komponen yakni alokasi kinerja dalam pengalokasian dana desa sebagai bentuk reward pada desa Moyag Todulan dan Bilalang I dengan penilaian terbaik oleh Kemenkeu RI,” beber Rum.

Lanjut, reward kepada dua desa ini berdasarkan empat kategori penilaian dari Kementerian Keuangan di tahun 2019. Yakni terkait pengelolaan keuangan desa, pengelolaan Dandes, output Dandes dan pencapaian pembangunan Dandes.

“Atas capaian tersebut Desa Moyag Todulan dan Desa Bilalang I mendapat tambahan. Masing-masing mendapatkan sekira 140-an juta lewat alokasi kinerja,” sebutnya.

Dirinya berharap, agar 13 desa se-Kota Kotamobagu bisa belajar dan menjadikan dua desa ini sebagai motivasi kedepan hingga bisa mendapatkan reward yang sama dari kementerian keuangan RI.

“Harapan saya, 13 Desa bisa menerapkan empat kategori penilaian tersebut di tahun 2020 agar ditahun 2021 bisa mendapatkan reward seperti Bilalang I dan Moyag Todulan,” jelasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.