Bawaslu Sulut Minta Jajarannya Koordinasi Dengan Disdukcapil

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Sulut,WB—Jelang persiapan pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih, pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Awaluddin Umbola mengharapkan, para jajaran Bawaslu di 15 kabupaten dan kota, agar sering berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Inikan problem yang akan kita hadapi kedepan. Nah justru itu teman-teman jangan hanya berkoordinasi dengan KPU. Tetapi, Disdukcapil itu sangat penting untuk kita tongkrongi,” kata Awaludin Umbola, dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2020, Sabtu (29/02).

Ewin, sapaan akrab Awludin Umbola mengatakan, para jajaran Bawaslu kabupaten dan kota untuk sering mengingatkan Disdukcapil terkait perpindahan penduduk harus ada SOP dan verifikasi yang jelas. “Hal tersebut sangatlah penting untuk tercapainya keadilan Pemilu,” ujarnya.

Selain itu, Umbola juga mengingatkan bahwa Pilkada sangat rentan dengan penyalagunaan kekuasaan. “Pilkada rentan dengan kepentingan politik kekuasaan yang bisa disalahgunakan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Umbola juga mengatakan Bawaslu harus merekrut Pengawas Desa dan Kelurahan yang siap dan paham kerja karena menurutnya Pengawas Desa dan Kelurahan adalah ujung tombak bawaslu dalam mengawasi Pilkada 2020.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.