DPMPTSP Kotamobagu Dievaluasi Tim Kemenpan-RB

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melalui Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan evaluasi dan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2020 di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kotamobagu, Selasa (1/9/2020).

Menurut Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sulut, Christian Darma Sondakh, penilaian ini dilakukan agar masyarakat puas atas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. “Tapi pada prinsipnya, berdasarkan hasil penilaian kami DPM-PTSP Kota Kotamobagu sudah bagus,” ungkap Christian.

Lebih lanjut ketua tim evaluator provinsi yang ditunjuk oleh KemenPAN-RB ini mengatakan, adapun komponen-komponen penilaian yang dilakukan pihaknya tersebut antara lain, terkait masalah kebijakan standar pelayanan, sarana dan prasarana serta inovasi.

“Kalau tahun kemarin DPM-PTSP Kotamobagu mendapat nilai B, dan saat ini yang saya lihat langsung tidak menutup kemungkinan Kota Kotamobagu akan mendapatkan nilai A. Tapi semua keputusan final ada di pusat,” jelasnya.

Ia menerangkan, terkait hasil evaluasi dan penilaian di DPM-PTSP pihaknya akan menyampaikan ke KemenPAN-RB berdasarkan hasil peninjauan di lapangan. “Bentuk penilaiannya kita ada catatan-catatan dalam bentuk format isian, misalnya terkait tentang kebijakan apa, tapi kumulatif yang dikeluarkan oleh KemenPAN-RB, terkait dengan enam atau sampai delapan komponen penilaian. Mudah-mudahan di sini (Kotamobagu) dapat nilai A,” terang Christian.

Sementara itu, Kepala DPM-PTSP Kotamobagu, Noval Manoppo, mengatakan tujuan diselenggarakannya evaluasi dan penilaian ini untuk meningkatkan kepatuhan penyelenggara dalam hal ini pemerintah daerah terkait penyelenggaraan pelayanan publik, meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan standar pelayanan dan terwujudnya kepuasan masyarakat.

“Ada banyak kriteria penilaian yang dilakukan KemenPAN-RB melalui tim evaluator Provinsi. Mulai dari sarana dan prasarana, sistem pelayanan, standar pelayanan dan masih banyak lagi. Harapan kami karena tahun lalu kita dapat nilai B, insya Allah tahun ini bisa mendapat nilai A.” Jelasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.