Panwaslu Kecamatan Kotamobagu Selatan Gelar Rakor Pengawasan Pemilu Partisipatif

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Kotamobagu Selatan, menggelar rapat koordinasi (Rakor) pengawasan Pemilu Partisipatif dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor Desa Poyowa Besar II itu, dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kotamobagu, Musli Mokoginta, dan turut dihadiri Ketua Panwaslu Kecamatan Kotamobagu Selatan, Hardianto E. Mokolintad bersama anggotanya Wahyu Pratama Andu dan Sofian Peduho.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kotamobagu menyampaikan, rakor pengawasan partisipatif merupakan upaya pengawas pemilu untuk mengajak masyarakat agar terlibat mengawasi proses tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

“Masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas, sehingga pilkada serentak ini nantinya bisa melahirkan pemimpin yang jujur dan berintegritas,” kata Musli.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Kotamobagu Selatan menambahkan, untuk menjamin kualitas dan integritas pilkada, diperlukan adanya pengawasan di seluruh tahapan oleh lembaga penyelenggara pilkada bersama dengan masyarakat.

“Karenanya, untuk menciptakan pemilu yang aman dan berjalan dengan baik, kita mengajak peran serta masyarakat. Masyarakat bisa ikut andil dalam mengawasi, hanya saja mereka harus mengerti tata cara pelaporan pelanggaran,” tutur Elong sapaan akrabnya.

Dijelaskannya, pengawasan partisipatif adalah sebagai upaya pelibatan masyarakat (tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda) dalam rangka pencegahan pelanggaran pemilu.

“Tujuan pengawasan partisipatif adalah mencegah terjadinya konflik, mendorong tingginya partisipasi publik, membentuk karakter dan kesadaran politik masyarakat, serta menjadikan pemilu yang bermartabat dan berintegritas. Oleh karena itu, kami mengharapkan masyarakat Kotamobagu khususnya yang hadir pada hari ini untuk mensukseskan pilkada serentak tahun 2020 dengan bermartabat dan damai. Artinya, keterlibatan partisipasi masyarakat sangatlah penting.” Pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Desa Poyowa Besar II, Anwar Angkato, anggota Bawaslu Kotamobagu, Mishart A. Manoppo SE, Guesman Laeta dan Amaludin Bahansubu selaku pemateri, serta unsur perwakilan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama se-Kotamobagu Selatan. Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.(GG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.