Taufik : Kimong Peluang Besar Untuk Putra-Putri Daerah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Bolmong,WB-Kawasan Industri Bolaang Mongondow (Kimong) akan hadir di Kabupaten Bolmong. Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmong tentunya mulai mempersiapkan dengan matang untuk menyambut peluang yang sangat besar ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong Taufik Mokoginta mengatakan, hadirnya kawasan industri di Bolmong ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. Salah satunya peluang orang untuk bekerja terbuka lebar.

“Ini kesempatan yang sangat besar bagi para putra-putri daerah, karena hadirnya PT KIMONG di Bolmong, menjadi kesempatan bagi para tenaga kerja,” kata Taufik.

Menurutnya, hadirnya instrumen investasi menimbulkan optimisme soal penyerapan tenaga kerja. Sebab Bolmong sudah masuk dalam kawasan industri yang saat ini sedang disusun melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulut, 2021-2026.

Berdasarkan rencana yang ada, penyerapan tenaga kerja akan didominasi dengan akan hadirnya pabrik daur ulang plastik (Recycling Plastic) yang akan beroperasi awal.

“Ini akan menjadi efek positif. Kendati penanganan Covid-19 di Tanah Air khususnya di Bolmong akan terus berangsur membaik. Namun apabila kasus positif Covid-19 di Indonesia masih tinggi penyerapan tenaga kerja akan terhambat karena investor diperkirakan akan kembali wait and see jika kembali berhadap dengan kondisi seperti ini,” katanya.

“Persoalannya, investor masih menunggu kepastian kondisi ekonomi Indonesia. Namun, saya optimistis kalau vaksinasi berhasil dan positive rate Covid-19 menurun, investor akan tertarik untuk masuk. Pasalnya, kita juga memiliki UU Ciptaker yang memberikan harapan buat mereka,” katanya.

Tahun ini katanya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan investasi yang masuk ke tanah air bisa mencapai Rp900 triliun. Angka itu lebih tinggi dari target yang dipasang Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) senilai Rp856 triliun dengan sedikitnya 1,3 juta lapangan kerja bisa turut tersedia.(Mg1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.