Kecamatan Modayag Bersatu Jadi Lokasi Sentra Pengembangan Ternak Sapi Perah

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Boltim,WB-Dispertanak Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berwacana agar Kecamatan Modayag Bersatu di jadikan percontohan pengembangan sapi perah bagi Masyarakat.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dispertanak Boltim, Ir Soetiono, Selasa (23/04/2019).

“Rencananya di tahun 2020 kami akan segera melakukan proses uji coba. Pun ada sekitar 100 indukan sapi perah disiapkan untuk awal pengembangan,” ujar Soetiono.

Menurutnya, di wilayah Modayag bersatu sangat cocok untuk pengembangan sapi perah.

“Lokasinya sangat didukung dengan iklim cuaca. Warga setempat juga memiliki tenaga terampil untuk menangani sapi perah. Tidak hanya itu, kami juga saat ini sedang mengembangkan anak sapi hasil Inseminasi Buatan (IB). Yang mana, program pusat yang kembali kami terapkan itu, yakni Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab),” tutur Kadis.

Dirinya juga menambahkan, program tersebut bertujuan untuk menjadikan daerah Boltim sebagai penghasil sapi terbaik seperti sapi Bali, limosin dan Ongole.

“Stok sapi di Boltim berjumlah 4000 ekor dengan jumlah betina sebanyak 2000 ekor. Tahun depan kami optimis jumlah ini akan bertambah, karena adanya program Siwab, dan Sapi perah. Dengan program ini, Kami akan berupaya menjadikan Kabupaten Boltim, menjadi daerah pengekspor sapi di Sulawesi Utara (Sulut).” Pungkasnya.(MM)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.