BPJS Ketenagakerjaan Kotamobagu Siap Memberikan Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Sektor Jasa Konstruksi

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Bolmong,WB—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Kotamobagu terus berupaya melindungi seluruh pekerja, guna untuk memberikan perlindungan sosial bagi pekerja sektor jasa konstruksi di Bolaang Mongondow Raya. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan diberbagai tempat di BMR.

Sepertihalnya dengan kegiatan Sosialisasi pelaksanaan surat edaran Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, tentang penerapan kewajiban pendaftaran kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan pada sektor jasa konstruksi di Bolaang Mongondow (Bolmong).

Menurut Kepala Kantor BPJS Kotamobagu, Agnes Puji Hastuti, kegiatan sosialisasi ini guna untuk memberikan pemahaman dan informasi perihal program BPJS ketenagakerjaan bagi tenaga kerja di sektor jasa konstruksi.

“Sesuai dengan surat edaran Gubernur bapak Olly Dondokambey, seluruh tenaga kerja disektor jasa konstruksi wajib untuk memiliki atau mendaftarkan kepersertaan di BPJS ketenagakerjaan. Agar nantinya, perlindungan terhadap mereka (jasa konstruksi) bisa dimaksimalkan sebelum pelaksanaan proyek berlangsung. Maka dari itu, mereka harus segera mendaftarkan sebelum proyek dilaksanakan,” ujar Agnes.

Kepesertaan untuk jasa konstruksi lanjut Agnes, di antaranya adalah pemberi kerja selain penyelenggara negara pada skala usaha besar, menengah, kecil maupun mikro yang bergerak di bidang usaha jasa konstruksi tersebut.

“Jadi intinya, pemberi kerja yang mempekerjakan pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja waktu tertentu, diwajibkan untuk mendaftarkan pekerjanya dalam program Jaminan Kecelakan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Dikarenakan kewajiban keikutsertaan bagi tenaga kerja ini sudah di atur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (RI) Nomor 44 Tahun 2015 tentang penyelengaraan program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kerja.” Jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas PUPR Bolmong itu, turut dihadiri oleh Kepala Kantor BPJS Kotamobagu, Agnes Puji Hastuti, Kepala Disnaker Bolmong, Ramlah Mokodongan, Kepala Bidang Bina Marga dan para staff PUPR Bolmong, serta puluhan peserta pemenang tender atau pelaksana proyek.(GG)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.