Buka Kegiatan Seminar Budaya, Wawali Minta Lestarikan Warisan para Leluhur

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB–Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud), menggelar kegiatan seminar budaya, Jumat (13/12/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Restaurant Lembah Bening Kelurahan Sinindian, Kecamatan Kotamobagu Timur itu, dibuka langsung Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan SH.

Dalam sambutannya, Wawali Kotamobagu menyampaikan, bahwa pelestarian seni budaya daerah merupakan wujud dan bentuk penghargaan terhadap kecintaan warisan leluhur.

“Pelestarian adat, seni dan budaya ini, bukan hanya merupakan tanggungjawab dari Pemerintah Daerah saja. Namun juga sangat membutuhkan adanya dukungan dari semua pihak, termasuk pata seniman, budayawan, maupun masyarakat pada umumnya yang ada di daerah ini,” ucap Wawali.

Pada kesempatan itu, Wawali juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus melestarikan budaya. Serta kembali menggali berbagai seni dan budaya yang mungkin saja sudah mulai dilupakan oleh generasi muda.

“Ini perlu saya ingatkan kepada kita semua karena upaya melestarikan seni dan budaya merupakan sebuah hal yang sangat penting. Mengingat, selain merupakan warisan yang sangat berharga bagi para generasi yang akan datang, berbagai kebudayaan yang kita miliki, juga dapat menjadi ajang promosi daerah,” ungkapnya.

“Sehingga saya sangat berharap agar kiranya melalui pelaksanaan seminar budaya pada hari ini, akan ada keputusan-keputusan strategis dalam rangka revitalisasi seni dan budaya Mongondow dalam rangka pelestarian nilai-nilai kearifan lokal,” tambah Wawali.

Tak hanya itu saja, Wawali juga meminta kepada pihak terkait dalam hal ini Disparbud Kotamobagu agar dapat melakukan inventarisasi terhadap beberapa seni dan budaya Mongondow yang saat ini sudah hampir punah.

“Sehingga nantinya dapat kembali diperkenalkan dan dipentaskan kembali, sebagai bagian dari upaya kita semua dalam melestarikan berbagai seni dan budaya yang ada di daerah ini,” jelasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.