Kisah Ibu Masni dan Gerobak Mie Ojo

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB—Ditengah keramaian taman lapangan Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, ada seorang ibu rumah tangga bernama Masni Dondo warga Poyowa Besar 1 Kecamatan Kotamobagu Selatan, yang setiap malam berjuang untuk bertahan hidup ditempat itu.

Wanita tangguh ini adalah seorang penjual makanan gorengan dan mie, yang hanya bermodalkan gerobak kecil dan fasilitas seadanya.

Kepada wartawan yang kebetulan mampir, ibu 3 orang anak ini menceritakan seperti apa kehidupanya dan suaminya, berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

“Setiap hari saya jualan disini, sebelumnya saya jualan di pasar serasi, setelah pindah disini, alhamdulilah penghasilannya cukup lumayan, per hari kita bisa mendapat keuntungan 30 sampai 50 ribu. Sedangkan suami sopir bentor,” katanya, Senin (16/3/2020).

Dengan uang tersebut kata dia, sudah bisa memenuhi kebutuhan keluarganya dan bahkan yang lain disisihkan untuk ditabung. “Kalau malam minggu kan ramai, keuntungan yang didapat bisa sampai 50 ribu. Besoknya uang tersebut langsung habis untuk beli beras, jajan anak sekolah dan kebutuhan lainnya,” kata Masni.

Dia juga menceritakan bahwa tidak setiap malam dia bernasib baik mendapat keuntungan seperti itu, bahkan kata dia pernah beberapa kali tidak ada satu pun pembeli yang mampir ditempatnya.

“Yang sangat saya khawatirkan kalau hujan, pasti sepi tak ada pembeli. Tapi itu sudah biasa, kita harus bersabar sudah jadi nasib berjualan ditempat seperti ini,” ujarnya sambil menggelengkan kepala.

Disinggung soal retribusi yang harus mereka bayar setiap hari kepada pemerintah kelurahan setempat, wanita berumur 46 tahun ini mengaku, bahwa sesuai kesepakatan kami para pedagang wajib membayar 10 ribu rupiah, untuk uang keamanan dan sampah. “Kami tak keberatan karena uang itu jelas peruntukannya,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap, agar pemerintah setempat bisa memberikan bantuan berupa tambahan modal kepada para pedagang seperti mereka. “Harapan saya kedepan, pemerintah dapat memberikan bantuan,” Pungkasnya.

Tim Wartabolmong.news

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.