15 Desa di Kotamobagu Terima Dana Penanganan Covid Rp 1,8 Miliar

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB-Pemerintah Pusat telah menyalurkan Dana Desa khusus penanganan COVID-19 pada tahun 2021.

Adapun data yang diperoleh, dari total Dana Desa Rp 23,3 Miliar yang dilakukan refocusing sebanyak Rp 1,8 Miliar yang akan digunakan untuk penanganan COVID-19 di 15 desa se-Kota Kotamobagu.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Kotamobagu, Pra Sugiarto Yunus, delapan persen penanganan COVID-19 di 15 desa sudah dicairkan ke rekening kas desa. “Pencairannya sejak 31 Maret 2021 lalu,” ujar dia, Selasa (20/04/2021).

Ia mengatakan, penyaluran delapan persen khusus penanganan COVID-19, tidak untuk kegiatan reguler lainnya. “Anggaran itu fokusnya penanganan Covid-19 pada 2021 di 15 Desa se Kota Kotamobagu,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat
Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Kotamobagu, Usmar Mamonto menyampaikan, bahwa delapan persen sudah cair ke rekening 15 desa. Namun meski begitu, dasar pelaksanaan harus menyelesaikan APBDes 2021.

“Tujuh desa yang bisa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2021 yakni Tabang, Bungko, Kopandakan Satu, Poyowa Besar Satu, Moyag Todulan, Bilalang Satu, dan Pontodon,” ungkapnya.

Lanjutnya, APBDes tujuh desa itu sudah di posting dan sudah bisa jalan. “Yang sudah di posting, itu telah menyelesaikan pembahasan APBDes sekaligus telah memperbaiki catatan hasil evaluasi tim Pemkot Kotamobagu. Sehingga tujuh desa itu, sudah bisa menggunakan APBDes 2021 untuk melaksanakan program dan kegiatan pembangunan desa, termasuk pelaksanaan program penanganan Covid-19.” Jelas dia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.