Peringatan HUT Kotamobagu ke 14 Berlangsung Khidmat

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB—Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu ke-14, Senin (24/5) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu itu, dipimpin langsung Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan,  sejak menjadi daerah otonom baru berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 2007,  Kota Kotamobagu sebagai salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara, terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Kota Kotamobagu telah meraih pencapaian yang sangat baik, serta sejumlah prestasi yang membanggakan. Baik di tingkat Provinsi Sulawesi Utara, maupun di tingkat Nasional.

“Dalam kurun waktu 14 tahun terakhir, Alhamdulilah Kota Kotamobagu telah banyak mengalami perubahan, perkembangan serta kemajuan di segala bidang. Hal tersebut tentunya dapat terlihat dari suksesnya pelaksanaan beberapa program dan kegiatan pembangunan di daerah ini, yang kemudian juga diikuti dengan sejumlah pencapaian, dan diraihnya berbagai prestasi yang sangat membanggakan dalam 14 tahun terakhir,” kata Wali Kota.

Wali Kota menyampaikan, pesatnya pembangunan dan perkembangan di Kotamobagu dapat terlihat dan tersedianya berbagai sarana dan prasarana, yang menjadi kebutuhan utama masyarakat di daerah ini. Yakni fasilitas kesehatan berupa rumah sakit dan sejumlah puskesmas rawat inap, fasilitas pendidikan, pertanian serta pembangunan berbagai sarana dan prasarana lainnya.

“Suksesnya berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah Kotamobagu dapat terlihat pada pertumbuhan ekonomi di Kota Kotamobagu. Dimana meskipun kita semua saat ini sedang menghadapi pandemi covid 19, namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kotamobagu, pertumbuhan ekonomi di Kotamobagu masih tercatat positif yakni pada angka 0,2 persen,”

“Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kotamobagu untuk Indeks Pembangunan Manusia Kotamoabagu pada tahun 2020 mencapai angka 72,97,” sambungnya.

Selain itu, Pemerintah daerah juga mampu menurunkan tingkat kemiskinan. Dimana berdasarkan data terakhir BPS Kotamobagu, tingkat kemiskinan Kota Kotamobagu mengalami penurunan dari tahun 2019 yang tercatat 5,7 persen menjadi 5,42 persen pada tahun 2020.

“Keberhasilan ini atas dukungan kerja keras serta sinergitas yang sangat baik dari seluruh elemen masyarakat yang ada di daerah ini,” terang Wali Kota.

Beberapa apresiasi dan penghargaan yang telah berhasil diraih dan diantaranya adalah diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama 8 kali berturut turut. Selanjutnya piala adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, penghargaan Kota sehat dari Kementrian Kesehatan RI, penghargaan Kota Layak Anak dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, penghargaan sebagai Kota Peduli HAM dari Kementrian Hukum dan HAM RI, juara 1 lomba penanaman pohon tingkat nasional kategori kota, diraihnya piala wahana tata nugraha dari kementrian perhubungan RI.

“Sehubungan dengan Hari Ulang tahun Kota Kotamobagu yang ke 14 ini, juga hendaknya dapat semakin memperteguh komitmen kita semua seluruh masyarakat Kotamobagu, untuk lebih memaksimalkan peran serta tanggung jawab kita masing masing dalam upaya memajukan daerah, sebagaimana yang menjadi cita cita tujuan awal dari dibentuknya daerah Kotamobagu tercinta ini,” pungkas Wali Kota.

Turut hadri  dalam upacara tersebut, Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag, Sekertaris Daerah Sande Dodo, Pejabat di lingkup Pemkot Kotamobagu dan Forkopimda, serta perwakilan Bupati lainnya di wilayah Bolmong Raya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.