Pemkot Pantau Kesehatan Hewan Qurban Jelang Perayaan Idul Adha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB-engawasan kesehatan hewan Qurban terus dimaksimalkan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Kota Kotamobagu menjelang hari raya Idul Adha tahun ini.

Kepala Distankan melalui Kabid Peternakan Samsul Hidayat Lasena, mengaku terkait pengawasan kesehatan hewan Qurban baik ternak sapi maupun kambing sudah dilakukan pihaknya jauh hari sebelumnya.

“Termasuk menyiapkan tim untuk melaksanakan pemantauan kantong-kantong ternak yang ada di seluruh wilayah Kota Kotamobagu, seperti pasar blante ternak sapi yang ada di Gogagoman dan pasar ternak kambing yang tersebar di sejumlah titik,” kata Samsul kepada awak media, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 13 Juli 2021.

Bahkan lanjutnya, untuk mempermudah proses pemantauan kesehatan hewan qurban tersebut, pihaknya juga telah melayangkan surat kepada seluruh lurah dan sangadi (Kepala desa/red).

“Kami juga sudah menyurat ke desa dan kelurahan yang ditandatangai sekda perihal permintaan data hewan qurban yang akan disembeli di masing-masing desa dan kelurahan, tujuannya agar mempermudah proses pemeriksaan kesehatan hewan yang akan disembeli pada hari raya qurban nanti. Jadi kami kantongi dulu data jumlah berapa hewan yang akan disembelih dan datanya itu kami tunggu paling lambat tanggal 19 Juli, sehari sebelum hari raya,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksaan pemeriksaan kesehatan hewan qurban tersebut, pihaknya melibatkan sejumlah unsur terkait.

“Selain di back-up dokter hewan, ada juga tim penyuluh di masing-masing wilayah yang akan membantu proses pemeriksaan hewan qurban nanti,” tandasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.