Tingkatkan PAD, Sektor Pertanian di Desa Bungko Dimaksimalkan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB—Pemerintah Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan, bakal menggarap sektor pertanian sebagai sumber Pendatan Asli Desa (PAD) melalui Badan Usaha Milih Desa (Bumdes).

Menurut Kepala Desa (Sangadi,red) Kautsar Muri Gonibala, potensi pertanian di desa bungko cukup besar. Sebagaian besar masyarakat di desa itu berprofesi sebagai petani.

“Rata-rata penduduk desa berprofesi sebagai petani. Maka dari itu, untuk mendorong dan memudahkan mereka, saya pikir akan lebih baik jika BUMDes bergerak di pertanian,” ujar Muri.

Selama ini kata Muri, petani cukup kesulitan ketika masuk musim tanam, atau panen. Hal itu karena ketidak tersediannya alat mesin pertanian (Alsintan) sehingga menjadi kendala para petani.

“Nah, saya pikir alat bantu pertanian seperti mesin seperti mesin rontok dan traktor, bisa mengefisienkan waktu dan produktifitas petani. Ini sudah kami masukkan ke dalam RKPDes, dan bahkan sudah dievaluasi juga. Dengan upaya ini, saya tentu berharap bisa berdampak positif pada masyarakat desa, termasuk pada PAD,” pungkas Muri.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.