Perebutkan Piala Presiden, Festival Gapura Akan Meriahkan HUT RI ke-74 di Kotamobagu

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kotamobagu,WB—Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu akan turut memeriahkan Festival Gapura dengan tema Cinta Negeri tingkat Rukun Warga (RW) yang dilaksanakan secara Nasional.

Hal ini berdasarkan radiogram Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 080/5739/SJ, yang memerintahkan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia untuk mengadakan festival gapura.

Menurut Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotamobagu, Hendra Makalalag, terkait hal tersebut, untuk Kotamobagu saat ini sudah memasuki dalam tahap sosialisasi.

“Sosialisasi dimaksudkan agar masyarakat, dapat mempersiapkan kelompok masyarakat yang ada dilingkungannya untuk merencanakan dan merancang bentuk seperti apa Gapura yang akan diikut sertakan dalam lomba” ujar Hendra, Selasa (16/7/2019) kemarin.

Dengan adanya festival Gapura cinta negeri ini lanjut Hendra, masyarakat Kotamobagu agar diharapkan dapat berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan lomba yang dimaksud.

“Kegiatan lomba ini juga untuk mempromosikan daerah dan membangkitkan kreatifitas masyarakat. Disamping menanamkan semangat pratriotisme ke Indonesiaan, festival ini juga diharapkan menjadi wahana gotong-royong bagi warga untuk membangun persatuan dan kesatuan masyarakat,” jelasnya.

Hendra menambahkan, bahwa dalam lomba ini ada beberapa kriteria persyaratan yang harus dilakukan. Yakni dalam pembuatan gapura harus dilakukan gotong royong, bahan baku harus dari bambu atau kayu dan terlihat unik serta menarik.

“Selain itu ada beberapa poin juga yang masuk dalam penilaian. Seperti masing-masing peserta mengirimkan foto dan video kemeriahan dan semangat masyarakat saat pembuatan gapura.” Pungkasnya.

Diketahui, Festival Gapura Cinta Negeri ini memperebutkan piala Presiden dan akan mengundang 10 (sepuluh) pemenang ke Istana Merdeka untuk bertemu Presiden Republik Indonesia dan menerima penghargaan langsung dari Presiden.(GG)

Berikut Ketentuan Untuk Mengikuti Festival Gapura HUT RI ke-74 KLIK DISINI !!!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.